Ketika Melakukan Investasi Diumpamakan Layaknya Fitness

Webinar: Audit Dana Pensiun
September 8, 2020
Kelas Pelatihan Pengauditan
Juli 24, 2024

Ketika Melakukan Investasi Diumpamakan Layaknya Fitness

KKSP Partner Pusat – Mendengar kata ‘investasi’, mungkin akan tersirat pada bayangan rekan-rekan pembaca sekalian bahwa aset atau kekayaan yang diinvestasikan harus dalam skala besar, sehingga dividen atau capital gain yang diperoleh juga akan besar. Alhasil, banyak investor pemula yang tergiur untuk mendapatkan keuntungan besar tersebut tanpa tau strategi-strategi tak tertulis yang harus diterapkan saat berinvestasi. Tidak sedikit pula calon-calon investor yang mengurungkan niat mereka karena belum sepenuhnya paham tentang apa-apa saja yang harus dilakukan ketika melakukan investasi. Lantas, apa tindakan tepat yang harus dilakukan saat berinvestasi?

Sebuah ilustrasi komik karya The Woke Salaryman mencoba meringkas strategi berinvestasi hanya dalam enam halaman dan mengumpamakan kegiatan investasi layaknya sedang berfitnes. Berikut adalah strategi dan langkah-langkah tepat yang harus dilakukan saat melakukan investasi di pasar modal:

1. Pentingnya melakukan usaha (Investasi) secara konsisten

Apabila rekan-rekan pembaca hanya melakukan investasi sesekali, sesuai keinginan pribadi, maka usaha tersebut hanya akan berakhir sia-sia. Investasi harus dilakukan sesuai kebutuhan, tergantung pada apa yang sedang terjadi di pasar modal.

2. Pengorbanan dibutuhkan untuk kebutuhan masa depan

Sebaiknya jangan tergiur untuk menghamburkan harta yang ada untuk kebutuhan tersier atau kemewahan. Gunakan ‘uang dingin’ yang tersedia untuk kebutuhan jangka panjang seperti berinvestasi.

3. Diperlukan pendekatan yang seimbang

Sebuah portofolio investasi tanpa adanya diversifikasi memiliki resiko yang besar. Diversifikasi adalah kegiatan menempatkan dana investasi di beberapa instrumen investasi yang berbeda karakteristiknya. Oleh sebab itu, jangan terpaku untuk menginvestasikan dana hanya pada satu instrument investasi.

4. Pentingnya menetapkan perencanaan dan tujuan sendiri

Investor yang hebat dimulai dari kemampuannya dalam menakar kemampuan sendiri. Usahakan untuk tidak mudah tergiur dengan apa yang telah orang lain dapatkan. Pengamatan yang tepat dan sabar adalah kunci kesuksesan dalam berinvestasi di pasar modal.

5. Hasil tidak selalu didapatkan secara instan

Fluktuasi pasti akan terjadi dalam kehidupan dan juga saat berinvestasi. Jangan sampai putus asa saat hal buruk terjadi ataupun terbang melayang saat keuntungan di depan mata. Lakukan pengamatan serta prediksi ke depan terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan.

6. Terakhir, tidak ada kata telat untuk belajar dan mencoba

Dapat memulai lebih dini ketimbang yang lain memang bagus, tetapi tidak ada salahnya memulai investasi sekarang. Tragedi sebenarnya adalah tidak pernah memanfaatkan kesempatan untuk berinvestasi sama sekali.

TUNGGU APA LAGI? MULAILAH INVESTASI DARI SEKARANG!